Ajang MotoGP Mandalika Diprediksi Hasilkan Dampak Ekonomi Hingga Rp 4,5 T

oleh -123 Dilihat

Jakarta – Dampak ekonomi dari ajang MotoGP Mandalika 2024 diperkirakan menembus Rp 4,5 triliun pada 2024. Angka tersebut meningkat dibandingkan kontribusi pada 2023 yang mencapai Rp 4,3 triliun.

Demikian disampaikan Direktur Utama PT Pertamina (Persero) Nicke Widyawati. “Tahun ini dampak ekonomi-nya diharapkan bisa mencapai Rp 4,5 triliun atau lebih besar lagi,” ujar Nicke dalam keterangannya, Senin (30/9/2024).

Selain itu, kehadiran Pertamina Grand Prix of Indonesia, ia menambahkan juga mampu menyerap tenaga kerja. Tahun lalu event MotoGP of Indonesia menyerap 4.600 tenaga kerja.

“Tahun ini diharapkan bisa meningkat lebih besar lagi sehingga bisa mendorong peningkatan kesejahteraan masyarakat,” tutur Nicke.

Pertamina telah memberikan dukungannya di dunia olahraga otomotif di berbagai event balapan, baik skala nasional maupun internasional, termasuk Pertamina Grand Prix of Indonesia 2024.

Selain mensponsori event MotoGP, Pertamina juga mendukung tim motor yang berlaga di ajang ini. Pada 2022-2023 mendukung tim SAG di kategori Moto2.

Sedangkan sejak 2024,Pertamina memberikan dukungan penuh untuk Pertamina Enduro VR46 Racing Team di kategori MotoGP. Nicke berharap para pembalap Pertamina Enduro VR46 Racing Team bisa memberikan penampilan terbaiknya.

“Dalam dua balapan terakhir, antusiasme untuk menonton langsung Pertamina Grand Prix of Indonesia di Mandalika sangat tinggi. Hal ini memberikan dampak positif bagi ekonomi nasional,” kata Nicke.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) memastikan ajang MotoGP Indonesia di Sirkuit Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) akan tetap berlanjut pada 2025.

“MotoGP tahun depan tetap berlanjut,” kata Jokowi kepada wartawan usai menyaksikan final race ajang MotoGP Indonesia di Sirkuit Mandalika, Minggu, 29 September 2024.

Ia mengatakan, persiapan ajang MotoGP Indonesia ini cukup baik, karena telah banyak dilakukan perbaikan dan berbagai fasilitas sudah dilengkapi.

Ia menuturkan, Dorna Sport sangat mengapresiasi keberlangsungan MotoGP Indonesia, karena sangat berbeda dengan ajang MotoGP di negara lain. Terlebih sebelum balapan, berbagai atraksi budaya lokal disuguhkan untuk para pembalap dan penonton yang hadir langsung di Mandalika.