Gelar Bakti Sosial ke Panti Asuhan Al Mubarokah Pondok Cabe, MPK SMP Negeri 19 : Wujud Nyata Profil Pelajar Pancasila

oleh -27 Dilihat

Jakarta – Majelis Perwakilan Kelas (MPK) SMP Negeri 19 Jakarta menggelar kegiatan bakti sosial dalam bentuk santunan dan pembagian sembako kepada Panti Asuhan Al Mubarokah Pondok Cabe, Pamulang, Tangerang Selatan, Sabtu (28/9/2024).

Kegiatan bakti sosial tersebut mengangkat tema “Generasi Z Ciptakan Peduli Sesama Sebagai Wujud Profil Pelajar Pancasila”.

Ketua MPK SMP Negeri 19 Jakarta Marissa mengaku program bakti sosial kali ini sedikit berbeda dengan sebelumnya, yakni melakukan blusukan langsung turun gunung menyeleksi dan mencari serta mendatangi beberapa panti asuhan yang memang memerlukan bantuan.

“Tujuannya adalah sudah pasti untuk membangkitkan rasa peduli kepada sesama, dimana merupakan salah satu karakter yang diharapkan dimiliki oleh pelajar Pancasila,” kata Marissa.

Program MPK yang dinahkodai Marissa bersama timnya Aira, Gina, Effelin, Cordelita, Khalisa, Kayla, Wawa, Revina, Berlian, Belva, Rafa, Keysha, Janeeta, Reysha, Wulan,Vino, dan Darel ini sudah mendapatkan persetujuan dan sambutan hangat dari Kepala Sekolah SMP Negeri 19 Jakarta, Dra. Hajjah Farida M.Pd. Karena, kata dia, salah satu sikap Pelajar Pancasila yang diharapkan dimiliki dan ditanamkan diantaranya sikap peduli, empati, murah hati, dan welas asih kepada orang lain, terutama mereka yang lemah atau tertindas. Serta gotong royong, yaitu kemampuan untuk melakukan aktivitas bersama sama dengan sukarela.

“Setelah melakukan survei ke beberapa Panti Asuhan, akhirnya kami menemukan Panti Asuhan yang tepat dan sesuai dengan program MPK tersebut yaitu Panti Asuhan Al Mubarokah yang terletak di Jalan Kelor II No 14 Pondok Cabe Ilir kecamatan Pamulang Kota Tanggerang Selatan Banten,” bebernya.

Diketahui, pemilik panti asuhan ini bernama Rumsiah yang merupakan pemilik panti asuhan generasi ketiga, dan orang tuanya telah mewakafkan sebidang tanah nya untuk kegiatan sosial. Panti Asuhan ini mempunyai anak panti yang berjumlah +/-50 orang , dengan usia mulai 6 tahun sampai dengan 17 tahun. 20 orang anak yang tinggal dalam asrama panti ini mengikuti pendidikan kejar paket B dan C , mereka berasal dari luar jakarta, sedangkan sisanya +/- 25 orang adalah anak yang tinggal disekitar panti, dimana secara ekonomi kehidupan nya perlu di bantu.

“Progam Bakti Sosial ini bukan hanya memberikan bantuan berupa santunan uang dan juga sembako, selain itu ada kegiatan lain juga yang sangat bermanfaat untuk anak anak panti yaitu memberikan materi kepada anak panti berupa mengajari Bahasa Inggris, memasak, edukasi digital cara membuat sistem Canva,” sambungnya.

Marissa juga mengucapkan terima kasihnya kepada semua pihak termasuk para siswa SMP Negeri 19 dari kelas 7, 8, dan 9 serta para Guru juga OTM yang memberikan sumbangan atau donasinya.

“Alhamdulillah donasi yang terkumpul melampaui rencana anggaran awal yang telah dibuat. Dana Tunai yang digunakan untuk santunan dan membeli keperluan kegiatan acara santunan. Goodie bag anak Panti Asuhan berupa kaos dan aneka makanan serta minuman. Sembako terdiri dari: beras, minyak goreng, tepung terigu, gula pasir, telur, margarin dll,” paparnya.

Turut hadir saat kegiatan baksos diantaranya Sri Widiningsih M.pd selaku Wakepsek bidang Kesisawaan, Dadi Ardiansyah S.Pd selaku Wakepsek bidang Kurikulum, Nina Lestari M.Pd selaku Wakil Bidang Sarana dan Prasarana, Ibu Zukarwati M.Pd , Yati Nurhayati S.Pd selaku staf kesiswaan, Zikra S.Pd dan Hanifah selaku pembina MPK dan OSIS SMP Negeri 19 serta Orang Tua penggurus MPK.

Ditempat yang sama, Kepala Panti Asuhan Al – Mubarokah Ibu Rumsiah mengapresiasi kegiatan Baksos MPK SMPN 19 Jakarta tersebut. Dia juga mengucapkan rasa syukur dan terima kasih serta sangat terharu atas kedatangan tim MPK SMPN 19 Jakarta yang sudah mau berkunjung dan berbagi kepada anak anak Panti Asuhan Al-Mubarokah Pondok Cabe.

“Kami sangat salut dan bangga dengan apa yang telah dilakukan anak-anak MPK SMP Negeri 19 Jakarta, karena seusia remaja rasa peduli kepada sesama sudah terbentuk serta pintar, hebat dapat membuat acara santunan dan juga berbagi ilmu pengatahuan yang sudah pasti sangat bermanfaat untuk anak anak panti,” ucapnya.

Sementara itu, perwakilan dari adik adik Panti juga sangat berkesan dan senang karena acaranya seru ada games, menyanyi, menari serta dapat hadiah lagi , begitu celoteh anak panti.

Disela-sela acara, pihak SMPN 19 Jakarta juga memberikan komentar positif. Atas nama Kepala SMP 19 Jakarta, para wakil, para pembina OSIS-MPK dan para guru SMP Negeri 19 Jakarta diwakili oleh Widi mengucapkan selamat kepada pengurus MPK periode 2023/2024 yang telah sukses menyelenggarakan kegiatan Bakti Sosial di panti asuhan Al Mubarokah.

“Alhamdulillah kegiatan ini sukses dan lancar. Serta mengucapkan terima kasih banyak kepada para orang tua MPK dan donatur yang dgn ikhlas membantu demi terselenggaranya kegiatan ini. Semoga Ini menjadi awal yang baik agar dapat dilanjutkan oleh kepengurusan MPK di tahun selanjutnya,” pungkasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.